• +628222**22**2
  • irmanabilah5@gmail.com

Author Archive

ratu ilmu hitam poster

[Review Film] Ratu Ilmu Hitam – Kimo Stamboel

Hai saya Yuri dan kali ini saya akan mereview atau membahas tentang film yang merupakan remake dari film yang dulu dibintangi oleh ratu horror Suzzana nih, yak Ratu Ilmu Hitam yang disutradarai Kimo Stamboel dan diproduseri Gope T. Samtani dengan penulis naskah yaitu Joko Anwar yang berada dalam naungan rumah produksi Rapi Film. Nah sebelum masuk ke reviewnya saya kasih dulu nih sedikit sinopsisnya.

Sinopsis :

Hanif membawa Nadya istrinya dan ketiga anak mereka ke panti asuhan tempat Hanif dulu dibesarkan. Pengasuh panti itu, Pak Bandi, sudah sangat tua dan sakit keras, Hanif datang untuk menjenguk setelah bertahun-tahun tidak bertemu. Bukan cuma Hanif yang datang berkunjung, tapi juga dua sahabat Hanif saat tinggal di panti, Anton dan Jefri yang membawa istri-istri mereka.

Malam itu mereka semua tiba di panti asuhan yang terletak di luar kota dan jauh dari pemukiman penduduk itu. Mereka bermaksud bermalam di sana untuk memberikan penghormatan terakhir buat orang yang telah mengasuh mereka sejak kecil. Mereka menyangka malam itu akan jadi malam yang penuh kedamaian. Mereka segera memahami bahwa mereka salah.

Review :

Oke saya akan awali dengan satu kalimat yaitu GILAAAA.

Sebelum nonton film ini saya kira film Perempuan Tanah Jahanam itu udah yang paling stress dan gila buat tahun ini, eh ternyata semua pemikiran saya itu langsung dibuang jauh – jauh dengan film ini. Bisa dibilang ini film merupakan bintangnya di tahun 2019 ini.

Adegan dimulai dengan scene yang bisa dibilang sudah sangat mainstream digunakan yaitu sekeluarga mengunjungi suatu tempat dengan mobil dimana mereka dengan tidak sengaja menabrak sesuatu yang dimana itu adalah awal dari bencana yang akan datang.

Oke diawal film ini saya memang gak terlalu suka sih bisa dibilang karena adegan seperti itu udah bosen banget. Tapi yang bikin saya suka dan sampai mual – mual (kampret emang ini film) adalah saat mereka semua berkumpul kembali di panti asuhan dan mulai menguak semua hal yang terjadi dulu.

Penemuan bis yang kecelakaan, kelabang dan serangga kecil lainnya dan oh ya ini film bukan film hantu lho ya, sesuai judulnya ini adalah film tentang ilmu hitam jadi bakalan banyak adegan yang mengganggu kita khususnya mereka yang tidak suka atau phobia dengan serangga, kelabang, ulat (hueeekkkk) dan darah yang banyak.

Bisa dibilang ini film bakalan menjadi mimpi buruk kalian semua jika tidak memiliki mental yang benar – benar kuat saat menontonnya. Sekarang saya akan membahas teknis dalam filmnya, dimana disini skoring saya bisa bilang tidak ada skoring yang terlalu mengganggu sih sepanjang filmnya, semua punya penempatan dan porsi yang pas.

Pengambilan gambar juga tidak ada masalah, untuk akting hmmmm setiap pemeran bisa menampilkan karakternya masing – masing apalagi bocah yang suka nanya itu sukses bikin saya kesel sendiri akibat tingkahnya.

Oh ya dan yang tidak kalah pentingnya yaitu editing disini efek yang dgunakan sudah terbilang bagus dan tidak terlihat seperti efek sinetron.

Overall untuk score saya bisa kasih 9/10 untuk film ini.

Sekian sedikit review dari saya tentang film Ratu Ilmu Hitam, apakah kalian memiliki pendapat lainnya? Silahkan kirim pendapat kalian di kolom komentar yaa. Terakhir, Yuri Out and See Ya!

@yurieka13

irmanabilah
Jahanam

[Review Film] Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

Hay saya Yuri dan hari ini saya akan sedikit mereview atau gampangnya membahas salah satu film yang sangat ditunggu oleh banyak orang yang berjudul ‘Perempuan Tanah Jahanam’. Film ini adalah film yang sudah direncanakan oleh Joko Anwar selama kurang lebih 10 tahun. Disutradarai oleh Joko Anwar sendiri bersama dengan produser Shanty HarmaynTia HasibuanAoura Lovenson Chandra; Ben Soebiakto dibawah naungan rumah produksi Rapi Film. Sebelumnya saya akan memberi tahu sinopsis film ini terlebih dahulu lalu baru saya akan memberikan sedikit review dari saya.

Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam :

Maya (Tarao Basro) jatuh bangun hidup di kota tanpa keluarga, ia hanya memiliki sahabat bernama Dini. Saat usaha bersama mereka membutuhkan modal lebih, Maya yang mendapatkan informasi bahwa dia mungkin memiliki harta warisan dari keluarganya yang kaya di desa, membuatnya pergi mengunjungi kampung halaman yang tak pernah dikenalnya itu. Sesampainya di kampung yang jauh terpencil di tengah hutan, Maya dan Dini sampai di rumah besar yang kosong. Situasi sekitar juga terlihat aneh, salah satunya banyak kuburan anak-anak. Hingga pada suatu malam, Maya mendengar jeritan perempuan yang hendak melahirkan. Maya menuju asal suara dan menyaksikan proses kelahiran anak tersebut. Dari situlah, sedikit demi sedikit, misteri kampung yang kini ditinggali Maya dan Dini mulai terungkap.

Review :

Sebelumnya saya akan memberikan sebuah peringatan bagi kalian yang merasa dibawah 17 tahun harap untuk TIDAK MENONTON film ini, karena film ini sendiri bukanlah film yang bisa atau layak kalian tonton karena butuh kedewasaan dan juga banyak adegan distrubing sepanjang awal hingga akhir film, dan juga film ini tidak ada sensor sama sekali. Jadi saya mohon kesadarannya untuk kalian para ‘anak – anak’ untuk tidak menonton film ini. Oke lanjut ke review.

Jujur saat pertama saya ingin menonton film ini karena ingin mengetahui sejauh mana film horror Indonesia bisa berkembang dan apalagi ini adalah film garapan Joko Anwar yang bagi saya pribadi adalah idola saya dalam dunia perfilman. Dan ketika dari awal adegan film dimulai ini film bisa dibilang gak bisa santuy dikit, sumpah jantung kalian akan langsung dibuat deg – degan dari awal banget ketika pemeran utamanya Maya itu sudah hampir dibacok oleh orang asing sebelum akhirnya diselamatkan polisi. Dan mungkin kalian berpikir untuk bisa sedikit tenang setelah adegan awal, oh jangan harap, di film ini mungkin porsi untuk kita bisa bernafas itu hanya sekitar 20% sisanya kalian akan dibuat melongo dan geleng – geleng kepala karena adegan yang ditunjukkan. Oke sekarang masuk ke aspek penilaian untuk akting dan lainnya.

Di film ini akting dari setiap pemainnya itu gila bagus banget dan kita emang seperti disuruh untuk masuk kedalam film itu, suasana yang disajikan sangat mendukung dan bikin merinding, skoringnya yang masuk banget kedalam setiap adegannya dan tanpa ada yang mengganggu, pengambilan shoot yang bikin sadar ada hal gak beres di dalam adegan itu, yang intinya setiap hal saling membangun dan mengisi jika ada yang kurang, ya walau tetap ada yang mungkin sedikit miss dan bisa ditangani tapi itu juga gak terlalu mengganggu. Oh ya sebelum masuk ke score saya mau kasih tau kalau ada ‘mereka’ yang bener – bener muncul dan kelihatan dikamera lho hehehe, tebak sendiri ya yang mana.

Dan untuk film ini saya bisa memberikan skor 9.5/10 untuk film ini. Saya Yuri pamit dan See YA!!.

IG : @yurieka13

irmanabilah
Sandra Brown

Profil Sandra Brown dan Karya-Karya Terbaiknya

Bagi para pecinta novel terjemahan, pasti sudah gak asing lagi dengan Sandra Brown. Ia adalah salah satu penulis berbakat yang bukunya masuk daftar terlaris The New York Times. Sandra lahir di Waco, Texas pada tahun 1948 dan besar di Dallas Texas.

Sandra Brown sudah mulai tertarik pada sastra sejak kecil. Mantan penyiar berita cuaca di WFFA-TV ini sudah mulai menulis pada tahun 1981, mengarang lebih dari 65 novel dan sudah diterjemahkan ke dalam 33 bahasa. Salah satu buku karangannya yang sudah menjadi bestseller adalah Mirror Image yang ia karang pada tahun 1990.

Buku pertama Sandra Brown yang saya baca adalah Bittersweet Rain yang terbitan pertamanya tahun 1984 dan sejak saat itu saya jadi suka membaca karangan Sandra Brown. Alurnya susah ditebak dan tidak seperti novel kebanyakan, Sandra Brown menyajikan gaya bahasa yang unik namun tetap menarik dan tidak terlalu kaku seperti novel terjemahan lainnya.

Berikut saya berikan 10 list novel terbaik karangan Sandra Brown versi irmanabilah.com :

  • Mirror Image (1990)

Dia menjalani kehidupan wanita lain dan jatuh cinta pada suaminya. Kecelakaan pesawat bukan sekadar tragedi bagi Avery Daniels, reporter TV. Kecelakaan itu juga telah membuatnya kehilangan identitas diri. Tubuhnya yang luka parah dan wajahnya yang hancur telah diidentifikasi sebagai Carole Rutledge, istri calon senator, yang dia tahu meninggal dalam kecelakaan itu. Avery Daniels, yang tak berdaya dan belum dapat berkomunikasi, cuma bisa menangis ketika Tate Rutledge, yang mengira wanita ini istrinya, berkata bahwa kejelitaan wajahnya akan dipulihkan oleh ahli bedah plastik. Tapi, ketika kemudian dia sudah bisa berkomunikasi, Avery tak kunjung membuka kedoknya. Dia takut, nyawanya dan nyawa Tate terancam.

Ketika masih terbaring dalam balutan perban di ICU, seseorang mendatanginya dan berkata bahwa rencana mereka untuk membunuh Tate akan tetap berjalan. Sebagai reporter, Avery merasa tertantang untuk membuka tabir kehidupan Carole dan Tate. Kenapa Carole berencana membunuh suaminya sendiri? Dengan siapa dia berkomplot dalam keluarga itu?

  • Bittersweet Rain (1984)

Caroline Dawson mampu bertahan menghadapi gosip. Ia mampu bertahan menghadapi kematian suaminya, Roscoe Lancaster – orang paling kaya di daerahnya – yang 30 thn lebih tua dari pada dirinya. Tapi ia takut takkan sanggup menghadapi Rink Lancaster, putra suaminya.

Bertahun-tahun sblm ia menkah, ketika ia & Rink masih remaja, dalam derai hujan pria itu memperkenalkan Caroline pada cinta pertama yang menggetarkan. Lalu pria itu pergi, membuat hatinya hancur.

Tapi sekarang Rink kembali….

  • Lethal (2011)

Ketika putrinya yang berusia empat tahun memberitahu bahwa ada pria sakit di halaman mereka, Honor Gillette langsung bergegas menolongnya. Tapi pria “sakit” itu ternyata Lee Coburn, pria yang dituduh membunuh tujuh orang kemarin malam. Coburn berbahaya, putus asa, dan bersenjata. Tapi dia berjanji Honor dan putrinya takkan disakiti selama Honor melakukan semua perintah pria itu. Honor tak punya pilihan selain memercayai kata-katanya. Tapi Honor kemudian mendapati bahwa semua orang di hidupnya tak bisa dipercaya. Coburn mengklaim bahwa mendiang suami Honor memiliki sesuatu yang sangat berharga, sesuatu yang menempatkan Honor dan putrinya dalam bahaya besar.

  • The Rana Look (1986)

Muak dengan hidupnya sebagai supermodel, Rana memutuskan untuk mengasingkan diri di kota kecil. Demi mempertahankan anonimitas, Rana mengganti namanya dan mengubah penampilannya secara drastis. Dengan baju longgar dan kacamata, Rana merasa hidupnya lebih bahagia daripada yang pernah dirasakannya selama bertahun-tahun. Namun kedamaiannya terancam oleh kemunculan penghuni baru di apartemannya, pemain football profesional bernama Trent Gamblin.

Pelan tapi pasti, Trent jatuh cinta kepada Ana R. Penampilan Ana yang tidak modis tak sedikit pun mengurangi rasa cintanya kepada wanita itu, bahkan menjadi alasan ia mencintai Ana. Namun apakah perasaan Trent akan tetap sama ketika tahu Ana tidaklah seperti yang dikiranya? Apakah ia akan tetap mencintai Ana ketika wanita itu mengenakan paras berbeda?

  • Breath of Scandal (1991)

Pada malam kelam dan berhujan, Jade Sperry mengalami mimpi buruk yang paling ditakuti wanita. Ia diperkosa tiga teman sekolahnya. Jade harus merelakan impian-impian masa mudanya terenggut begitu saja. Yang lebih buruk, ia terpaksa harus meninggalkan rumahnya…. Lima belas tahun berlalu, Jade telah menjadi wanita karier yang sukses, namun peristiwa mengerikan itu terus menghantuinya.

Membuatnya takut akan sentuhan pria. Dillon Burke, insinyur yang menangani proyek Jade, berhasil menyembuhkan luka masa lalu Jade. Namun sebelum dendamnya terbalas, Jade takkan pernah berhenti mencari cara untuk menghancurkan orang-orang yang dulu menodainya, meskipun itu berarti ia harus memanfaatkan Dillon.

  • Rain Water (2009)

Pada malam kelam dan berhujan, Jade Sperry mengalami mimpi buruk yang paling ditakuti wanita. Ia diperkosa tiga teman sekolahnya. Jade harus merelakan impian-impian masa mudanya terenggut begitu saja. Yang lebih buruk, ia terpaksa harus meninggalkan rumahnya…. Lima belas tahun berlalu, Jade telah menjadi wanita karier yang sukses, namun peristiwa mengerikan itu terus menghantuinya.

Membuatnya takut akan sentuhan pria. Dillon Burke, insinyur yang menangani proyek Jade, berhasil menyembuhkan luka masa lalu Jade. Namun sebelum dendamnya terbalas, Jade takkan pernah berhenti mencari cara untuk menghancurkan orang-orang yang dulu menodainya, meskipun itu berarti ia harus memanfaatkan Dillon.

  • Eloquent Silence (1982)

Lauri mendapati tugas mengajar Jennifer, seorang anak tuna rungu. Ternyata ayah anak itu adalah Drake Rivington, seorang aktor terkenal pujaan para wanita. Pekerjaan itu mengharuskan Lauri tinggal bersama Jennifer di rumah peristirahatan Drake. Rupanya Drake tertarik pada Lauri. Apalagi Lauri pandai berbahasa isyarat dan melakukan pendekatan dengan Jennifer, yang selama ini kesepian.Tapi Lauri merasa Drake tertarik padanya hanya secara fisik, walaupun sebenarnya ia pun tertarik pada Drake.Ketika orangtua Lauri yang keluarga pendeta datang, mereka mendapatkan Lauri dan Drake sedang bermesraan. Untuk menyelamatkan situasi, Drake mengaku bahwa mereka adalah sepasang pengantin baru…
  • Shadow of Yesterday (1992)

Leigh Bransom terdampar sendirian di jalan raya Texas & akan segera melahirkan anak pertamanya ketika pria berpakaian kotor yg mengendarai motor pickup berhenti utk menolongnya, membawanya ke RS, lalu pergi. Saat berusaha mencari tahu pria itu utk berterimakasih padanya, Leigh menemui jalan buntu, seolah pria itu lenyap tanpa jejak. Namun beberapa bula kmd pria itu mendadak muncul kembali di hadapannya, memasuki hidupnya, bahkan berhasil mencuri hatinya. Ia terlambat menyadari bhw ternyata pria itu merahasiakan sesuatu darinya, sesuatu yg selama ini sangat ia takuti.

  • Chill Factor (2005)

Kelelahan sehabis membereskan barang-barang di rumah kabinnya yang sudah terjual, Lily ketiduran. Saat terbangun, badai salju sudah melanda puncak Cleary Peak. Nekat, Lilly mengemudikan mobilnya turun ke kota dalam badai. Namun di tengah jalan ia menabrak seseorang, Ben Tierney.

Lelaki itu terluka, sementara mobilnya rusak karena menabrak pohon. Mau tak mau ia membawa Ben kembali ke rumah kabinnya. Dan mereka terjebak di rumah tersebut, tak bisa ke mana-mana karena jalanan tertutup salju tebal, sementara badai yang melanda mengaburkan jarak pandang dan memutuskan sambungan telepon.
Lily mengenal Ben musim panas tahun lalu, ketika mereka berdua ikut rombongan olahraga berkayak. Ben lelaki yang menarik. Tampan, atletis, berkulit kecokleatan dan terkenal sebagai petualang alam, yang tulisan-tulisannya kerap dimuat di majalah-majalah olahraga. Lilly sudah mulai tertarik padanya sejak mereka berkenalan.

Namun bunga-bunga cinta yang tumbuh dihatinya berubah menjadi duri yang menakutkan, bahkan sangat mengerikan, saat ia menemukan fakta bahwa lelaki petualang itu ternyata adalah Biru – pembunuh berantai yang selama dua tahun ini telah membunuh lima wanita. Bahkan salah satu wanita yang hilang dan dibunuh itu jasadnya ia ketemukan di gudang rumah rabinnya!!
Sekuat tenaga dan pikiran Lily berusaha membebaskan dirinya yang terperangkap bersama lelaki buronan itu… Ia tak mau mati secara mengerikan seperti yang dilihatnya dialami Millicent Gunn..

  • The Switch (2000)

Pernahkah terbayang bahwa kematian akan datang secara brutal?

Pernahkah terbayang bahwa seseorang dijelang maut karena si eksekutor salah membunuh?

Itulah yang dialami oleh Gillian dan Melina, kembar identik dari Dallas. Malam itu, keduanya setuju bertukar tempat. Gillian menggantikan tugas Mellina sebagai media escort, untuk menemani Kolonel Hart, astronaut NASA terkenal. Namun keesokan paginya, Gillian ditemukan tewas di rumahnya. Ia dibunuh dengan sangat brutal. Di dinding kamar, dengan darah Gillian sendiri, si pembunuh mengejeknya sebagai pelacur karena berkencan dengan astronaut blasteran Indian itu.

Melina shock, seharusnya dia yang mati, karena Gillian hanya menggantikan tugasnya. Karena itu dia bertekad mengungkap kasus ini dan mencari motivasi di baliknya. Bersama Kolonel Hart, ia menekuni jejak si pembunuh, sementara korban-korban terus berjatuhan di belakang mereka.

Penyelidikan itu mengantar Hart dan Melina ke ministry pimpinan Brother Gabriel, pengkhotbah tampan yang memiliki jemaat di hampir seluruh pelosok negeri, bahkan hingga ke luar negeri. Mampukah keduanya menembus kuil yang dijaga ketat dengan peralatan canggih tersebut? Mampukah Melina menemukan hubungan antara kematian saudara kembarnya dan apa yang sebetulnya terjadi di balik dinding ministry Brother Gabriel?

irmanabilah

Cinta itu Fluktuasi

Cinta itu Fluktuasi

Jadi gini, apa sih yang membuatmu jatuh cinta sama seseorang?

Matanya? Senyumnya? Jaket levisnya? Honda civicnya? Tingkahnya yang kekanak-kanakan? Atau malah gayanya yang sok jagoan?

Aku punya seorang teman, dia cukup, ralat sangat “pemain” (tau kan maksudnya apa). Di suatu siang yang cerah tiba-tiba dia menelponku. Dia bercerita tentang hubungannya yang baru saja kandas dengan kekasih tiga minggunya. Dia tertawa, merasa diberkati dan tidak terlihat tersakiti seperti orang kebanyakan yang baru saja putus dengan kekasihnya.

“Kok bisa putus sih?”
“Dia suka hisana, aku suka cfc”
“Ha? Maksudnya?!”
“Duh bil, ya pokoknya kita sudah ngerasa gak cocok aja”

Damn it.
Aku tau dia sudah bosan dengan kekasihnya itu.

Tapi ya berkat ceritanya itu juga sih aku jadi kepikiran suatu pertanyaan yang selama ini belum pernah hadir dalam otakku.

Sebenernya, cinta itu apa sih?

Gimana bisa seseorang mengklaim dirinya mencintai seseorang lalu tiga minggu kemudian memutuskan bahwa selera ayam goreng mereka gak sama (temanku suka hisana, pacarnya suka cfc) dan akhirnya berpisah. Apakah cinta se fluktuasi itu???

Oke, di poin yang berbeda,

Jaman modern ini khususnya, mau gak mau kita harus menyetujui bahwa disetiap status “😭”-nya cewek selalu ada cowok yang komentar “Kenapa?” atau “Lagi ada masalah ya?” atau “Sini cerita sama aku”

Lalu ceweknya jawab dia baru putus dengan kekasihnya, dalam hati si cowok menjawab ini kesempatan. Tak banyak pikir malam itu juga si cowok mengajak si cewek keluar sehingga si cewek bisa bebas bercerita, dengan modal “Sabar ya,” ditambah bumbu, “Masih ada banyak cowok lainnya kok yang mau sama kamu,” yang membuat si cewek menatap si cowok tiga detik lamanya, lalu si cowok berpikir ini adalah waktu yang tepat, kemudian ia melengkapi serangan dengan, “Kaya aku misalnya,” sebagai penutup.

Fix, seminggu kemudian mereka jadian.

Iya memang tidak semua cewek/cowok begitu, tapi selalu ada. Kuulangi SE-LA-LU-A-DA.

Jejaknya berkeliaran di dunia per-whatsapp-an dan per-instagram-an, yang kalau lagi bertengkar sama pacarnya hapus dp whatsapp dan kalau resmi putus sama pacarnya ia delete semua foto berdua di instagram sambil membuat klarifikasi Alasan Kita Putus.

Apakah cinta masih se-fluktuasi itu?

Kita lanjut, setelah jadian berikutnya kita akan dibawa ke keadaan yang katanya bikin hubungan makin langgeng.

Apa? Hm, apa?!

Pas ceweknya chat bilang laper terus cowoknya dateng sambil bawa martabak?
Atau pas ceweknya telpon bilang kangen terus cowoknya dateng bawa seperangkat alat sholat (baca: bunga), iya gitu?

Tidak semua situasi bisa melahirkan cinta, dua hal diatas bikin kantong cowok kering dan cewek yang baik harusnya gak gitu-gitu amat. 

Kejebak hujan ditengah jalan, itu musibah.
Pas anniversary bawa kado boneka segede orang itu bukan romantis tapi bikin bangkrut.
Memakai baju kembar di suatu acara itu malu-maluin. Apalagi kalau ada yang nanya “Dari panti mana?”. Plak 🙁

Kembali ke pertanyaan diatas, sebenernya cinta itu apa sih?

Beberapa menit yang lalu temanku kembali telpon, tanpa basa-basi dia bertanya,
“Bil, menurutmu cinta itu apasih?”
Sepuluh detik aku terdiam, lalu kujawab sekenanya, “Cinta itu ketika kamu mau memberi kulit ayam ke pasanganmu dengan ikhlas”
“Aku serius,”
Lah dikira aku sedang bercanda atau bagaimana, “Aku juga serius. Kulit ayam adalah hal yang spesial, memberinya ke orang lain tidak bisa dilakukan semua orang dengan ikhlas,”
Dia tertawa, “Nenekku sering memberiku kulit ayamnya, beliau gak boleh makan itu karna takut kolesterol,” aku memutar otak, mencari jawaban lain.

“Cinta itu ketika kamu tidak mau kehilangan seseorang diluar keluargamu,” aku menjawab lebih serius.
“Aku tidak mau kehilangan Epi, Bisul, Pindang, Paklek, Buklek, Chu, Zi,” dia menyebutkan nama teman-temannya. “Apa itu yang dimaksud aku cinta mereka semua?”

Hmm.
“Cinta itu ketika kamu ikutan seneng pas lihat dia seneng tapi juga ikutan sedih setiap kali lihat dia sedih,” aku mencoba jawaban lain.
“Aku seneng pas bisul jadi juara lomba nyanyi, aku juga sedih pas ibunya buklek meninggal,”
Fix. Aku tidak tau lagi harus jawab apa, kukira aku tau segalanya tentang cinta, but I’m not.

Akhirnya aku pergi ke kamar mandi (taulah ya, kamar mandi adalah tempat mencari inspirasi terbaik), aku merenung selama beberapa saat sampai akhirnya aku merasa bahwa…

Cinta itu fluktuasi, titik.

Kadang diatas, kadang juga dibawah. Kadang kamu mencintainya, kadang juga membencinya saat dia membuat kesalahan namun dengan setangkai bunga amarahmu bisa saja luntur.

Ini mungkin sedikit kontroversial, tapi bukankah sebenarnya cinta gak membutuhkan alasan? I mean, kalau kamu suka ya sudah suka aja.

Entah dia ganteng, jelek, kaya, miskin, ya sudah suka aja. Gak peduli seleranya hisana atau cfc, harvest atau holland, warkop atau wifi.id selagi kalian saling mencintai kalian juga pasti bisa saling memaklumi perbedaan.

Cinta itu ketika kamu tidak mengharapkan namamu ditulis di bio instagramnya atau di chat setiap hari. Diberi kabar ya syukur tidak diberi kabar yaudah lah mungkin dia sibuk. Entah sibuk nugas, main sama temen atau mencari pasangan lain. Biarkan saja, toh kalau jodoh juga bakal balik.

Cinta itu sesederhana,
“Aku percaya kamu, kamu percaya aku. Masalah selesai” 

Lagipula ini bukan tentang siapa yang bakal jadi prioritas, kita sama-sama sedang banyak aktivitas. Gak usah punya pikiran kalau dia gak bales chatmu berarti kamu bukan prioritas, mungkin dia hanya ingin menikmati waktunya sendiri tanpamu.

Gak perlu harus dinner di restoran mahal dengan bunga dan alunan musik klasik untuk menyatakan cinta apalagi di kamar hotel dengan balon balon di atap serta rangkaian nama yang diukir di dinding ketika lagi anniversary (bikin orang mikir negatif aja), cukup yang sederhana selama kalian bisa merasa nyaman.

Cinta itu fluktuasi, benar adanya.
Tapi sebagai seseorang yang dewasa, ngapain sih harus ngikutin alur dan dikit-dikit kebawa mood. Just make it clear! 🙂

irmanabilah
www.irmanabilah.com/review-film-joker-todd-phillips

[Review Film] JOKER – Todd Phillips

Review Film – JOKER

Hay saya Yuri dan hari ini saya akan sedikit mereview atau membahas salah satu film yang sangat ditunggu oleh banyak orang yaitu ‘JOKER’. Film ini adalah film yang menceritakan awal mula atau siapa itu sosok Joker yang menjadi vilain atau musuh terbesar batman. Disutradarai oleh Todd Phillips bersama dengan produser Bradley CooperEmma Tillinger dibawah naungan rumah produksi Village Roadshow Pictures dan DC Films. Sebelumnya saya akan memberi tahu sinopsis film ini terlebih dahulu lalu baru saya akan memberikan sedikit review dari saya.

Sinopsis film JOKER :

Arthur tumbuh dari masyarakat kalangan bawah yang terus gagal untuk meraih kesuksesan dalam profesinya sebagai komedian stand up. Hidupnya kerap dirundung pilu.

Hal itu diperjelas dalam trailer, kala berusaha menghibur seorang anak kecil di dalam bus sekalipun raut muka Arthur Fleck terlihat sedang diliputi rasa kecewa dan putus asa. Ia kemudian dihardik oleh ibu si anak karena dianggap mengganggu.

Selain itu, pekerjaannya sebagai badut yang bertugas memegang papan penanda di jalanan membuatnya dirundung, bahkan pernah sampai terkapar di sebuah gang. Arthur Fleck tampak terbiasa diperlakukan tak adil oleh lingkungan sekitar.

Titik terbawah hidup Arthur terjadi saat ia diolok-olok oleh presenter yang diperankan Robert De Niro lewat siaran TV nasional. Begitu banyak kekecewaan yang membuatnya menjadi pribadi pahit dan akhirnya, berubah menjadi pembunuh.

Arthur mengubah identitas dirinya dengan menjadi Joker, menampilkan pribadi baru yang jahat.

Review film JOKER :

HAHAHAHAHA

Itulah perasaan awal saya setelah menonton film ini. Bukannya tertawa karena lucu tapi kegilaan dari Joker dalam film ini bisa menghipnotis semua orang untuk ikut ‘gila’ bersamanya. Film ini memiliki pembangunan karakter yang sangat kuat dan tidak sembarang aktor dapat melakukannya, maka dari itu saya berikan tepuk tangan saya kepada Joaquin Pheonix yang dapat membawakannya dengan sangat sangat bagus sekali (terkesan alay tapi kalian pasti paham kalau udah nonton). Seperti kebanyakan film dari DC lainnya yang menampilkan visual atau suasana yang ‘dark’, film ini juga menampilkan suasana yang sama, diperlihatkan bagaimana suasana Gotham City saat itu yang penuh dengan masalah sangat tergambar dengan bagus dalam film ini.

Lalu apakah dengan kesan yang ‘dark’ ini akan menjadi nilai yang jelek pada film ini? Justru tidak dan malah suasana itu yang ikut membangun film ini bisa menjadi salah satu film terbaik saat ini. Scoring yang diberikan juga tidak ada miss sama sekali dan bisa dibilang cukup membuat adegan dalam film menjadi lebih mengerikan lagi. Tapi dari semua itu poin penting dalam film ini adalah akting dari Joaquin Pheonix yang sangat patut diapresiasi karena dapat memerankan dan bahkan membawa kita untuk paham kesedihan dan kesusahan karakter Joker yang sejatinya adalah musuh dari Batman.

Dan untuk film ini saya bisa memberikan skor dan bahkan yakin sekali untuk memberikan 10/10 untuk film ini. JOKER oscar menantimu!. Saya Yuri pamit dan See YA!!.

IG : @yurieka13

irmanabilah

[Review Film] GUNDALA

GUNDALA

Hay saya Yuri dan hari ini saya akan sedikit mereview atau gampangnya membahas salah satu film superhero asli Indonesia yang berjudul ‘GUNDALA’. Film ini adalah film pembuka dari universe BumiLangit dimana sutradaranya adalah bapak Joko Anwar, dan berada dibawah naungan produser Sukhdev SinghWicky V. Olindo; dan Bismarka Kurniawan.

Sinopsis dari Film GUNDALA :

Sancaka hidup di jalanan sejak ditinggal ayah dan ibunya. Menghadapi hidup yang keras, Sancaka belajar untuk bertahan hidup dengan tidak peduli dengan orang lain dan hanya mencoba untuk mendapatkan tempat yang aman bagi dirinya sendiri.

Ketika situasi kota semakin tidak aman dan ketidakadilan merajalela di seluruh negeri, Sancaka harus buat keputusan yang berat, tetap hidup di zona amannya, atau keluar sebagai Gundala untuk membela orang-orang yang ditindas.

Review dari saya untuk film ini dimana adalah film superhero asli Indonesia yaitu sudah bagus untuk kelasnya tetapi tetap memiliki beberapa kekurangan yang mungkin akan terselesaikan di film – film BumiLangit universe selanjutnya. Oke saya akan membahas dulu hal yang menurut saya bagus dari film ini.

Pertama adalah dari segi pembentukan karakter setiap tokohnya bisa dibilang sudah sangat baik dimana diceritakan awal mula Sancaka kehilangan bapaknya lalu ditinggal oleh ibunya dan ketakutannya akan petir sudah terbawakan dengan baik.

Begitu juga disegi pemeran Antagonisnya dimana kita disajikan masa lalu dari Pengkor dan kenapa dia bisa menjadi seorang vilain yang bisa dikatakan pintar dalam merencanakan sesuatu.

Nah selanjutnya yaitu pengambilan gambar dan skoring yang sangat bagus juga dimana setiap adegannya selalu diiringi skoring yang sangat pas untuk menggambarkan suasana yang terjadi dan bahkan bisa menambah feeling kita pada adegan tersebut. Lalu sekarang saatnya beralih ke kekurangannya, pertama yaitu alur dan cerita yang bisa dikatakan sedikit membingungkan karena memang menurut saya itu dilakukan untuk memberikan sedikit penjelasan tentang kelanjutan dari film atau film – film BumiLangit universe lainnya, jadi film ini memang benar – benar menjadi pembuka bagi semua film yang akan hadir di BumiLangit universe.

Sekian sedikit review dari saya tentang film GUNDALA, apakah kalian memiliki pendapat lainnya? Silahkan kirim pendapat kalian di kolom komentar yaa. Terakhir, Yuri Out and See Ya!

irmanabilah
sendiri

Siapa Bilang Sendiri itu Mengerikan?

Aku tidak ingat kapan terakhir kali tidur 8 jam penuh.

Mungkin dua tahun yang lalu? Engg, sepertinya benar 5 tahun yang lalu.

Oh tidak juga, nyatanya aku benar-benar lupa.

Intinya post ini dibuat setelah secara tiba-tiba aku tidur tepat pukul 9 malam dan terpaksa bangun pukul 1 dini hari setelah bermimpi Cristiano Ronaldo terpilih menjadi presiden RI bukannya Prabowo ataupun Jokowi.

Mimpi yang kontroversial,

Beginilah jadinya kalau sebelum makan tidak berdoa.

Sudah cukup prolognya, sekarang ke inti. Jadi, kalian tau lah ya banyak banget orang yang sering bilang kalau sendiri itu mengerikan, mengenaskan, tanda jomblo akut, atau apapun yang serba jelek jelek. But hell no, tolong flowerkan kembali pikiran kalian. Rata-rata yang bilang begitu pasti belum pernah kan ngerasain jalan sendiri?

Karna aku pernah, maka akan kuceritakan kesendirianku yang sama sekali tidak mengerikan.

Jadi, dalam sebulan aku selalu menyempatkan 1-3 kali untuk menghabiskan waktu sendiri. Pergi ke coffee shop selalu jadi andalanku. Duduk di dekat jendela dengan kopi dimeja serta buku dan headset yang menempel ditelinga. Rasanya sudah sempurna bagiku, apalagi saat kulihat pengunjung sekitar yang 80% juga melakukan hal yang sama sepertiku.

Pernah di suatu waktu saat kursi dekat jendela telah penuh dan satu satunya tempat tercozy yang bisa aku jangkau adalah di meja bar, aku berkenalan dengan salah seorang barista. Wajahnya diatas rata-rata, tinggi dan berat badannya terlihat ideal, kulitnya sawo matang dan dari sedikit celah di kemeja panjangnya aku bisa melihat tato salib di atas pergelangan tangannya. Aku menyayangkan kita yang berbeda keyakinan. Tapi aku sungguh tidak berharap apapun, aku hanya senang ketika dia mulai bercerita tentang kopi yang menurutnya paling susah dibuat padahal aku tidak bertanya apapun.

Karna menghargainya yang bercerita lebih dulu, akupun mulai mengajukan beberapa pertanyaan basa-basi.

Seperti :

Kapan mulai bekerja disini?

Sejak kapan menyukai kopi?

Sampai, sudah berapa lama tinggal di Surabaya?

Lalu ditutup dengan, oh suka fotografi juga?

Semua dijawab dengan mulus dan faktanya membuatku terkejut. Pertama, namanya kusamarkan jadi Andi. Kedua, Andi sudah empat tahun bekerja disitu dan dia sama sekali tidak menyukai kopi pada awalnya. Andi asli Bali dan baru mulai pindah ke Surabaya sejak menempuh perguruan tinggi di salah satu Universitas kenamaan Surabaya. Otomatis sudah empat tahun Andi di Surabaya, dan dia bukan sarjana tata boga atau apapun lah itu yang berhubungan dengan masakan. DIA SARJANA. OMG. ADMINISTRASI NEGARA. Lalu yang buatku lebih shock, hobinya bukan membuat kopi tapi fotografi !!!

I think it’s crazy, but gak ada yang tau bagaimana hidup. Dari Andi aku belajar bahwa masuk kuliah gak melulu tentang setelah lulus dapat kerjaan bagus dan kerja dengan gaji besar. Kadang itu sekedar tentang mencari relasi, mengembangkan kemampuan terpendam serta mencoba hal baru.

Selain ke coffee shop, ada mall. Berbeda drastis dengan coffee shop langgananku yang sering sepi dan memang banyak penyendiri. Mall tidak begitu, hampir semua mall tidak ada yang sepi. Langgananku atau tidak langgananku. Banyak yang bilang mall adalah tempat bertemunya banyak orang, dan aku tidak berusaha menyangkal kebenaran ini. Tapi coba deh sesekali jalan ke mall sendiri. INI MENYENANGKAN! Aku bisa membeli apapun yang aku mau, bermain apapun di timezone tanpa ada yang melarang serta gak harus mengikuti ekor orang lain ke store yang aku benci. Sepenuhnya menyenangkan. Saat sendiri di mall ada lebih banyak hal yang bisa aku perhatikan. Termasuk apakah orang yang di depanku tergolong gay atau normal serta wanita cantik di ujung sana itu apakah tukang upload foto selfie di instagram dengan kata kata mutiara atau tukang sambat di twitter yang males kerja tapi pingin kaya raya. Semuanya dengan mudah aku ketahui, karna memang pandanganku tidak terhalang oleh seseorang yang sedang berjalan disampingku sambil menggenggam tanganku dan berharap waktu berhenti disitu.

Selain ke coffee shop dan mall. Perpustakaan selalu jadi tempat terbaikku. Atau paling enggak aku dateng aja seminar atau pameran. Melihat hasil karya foto orang lain, yang bisa membuatku jadi terinspirasi, itu membuatku banyak belajar. Karna mau bagaimana lagi ya, setiap individu punya hobi yang berbeda dan aku tidak bisa memaksamu menyukai apa yang aku suka begitupun sebaliknya.

Pernah sekali, saat tiba-tiba aku tidak ingin pergi sendiri. Aku ajak salah seorang temenku pergi ke pameran foto dan design grafis. Dia menguap setidaknya 10 kali dalam 30 menit dan itu membuatku merasa bersalah. Dia hampir mati kebosanan disana sedang mataku berbinar-binar layaknya kucing yang menemukan tikus besar. Aku tidak punya keberanian untuk mengutuk orang berbaju kuning di ujung sana yang menularkan temanku sebuah uapan. Hal paling benar menurutku saat itu adalah mengajaknya pulang meski masih banyak foto yang ingin kuperhatikan.

Lain kali pergi sendiri saja, mungkin baiknya begitu.

Intinya sih, aku mau menegaskan bahwa sendiri itu tidak mengenaskan. Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari saat sendiri, salah satunya mencintai diri sendiri. Kamu juga selalu bisa mengembangkan kemampuan pribadimu saat sendiri. Bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya saat bersama orang lain, hanya saja kamu akan lebih fokus saat sendiri. Lalu jika kamu bucin dan menemukan seseorang yang mampu kamu cintai melebihi dirimu sendiri, jadilah bucin yang terhormat, yang tidak takut sesekali makan sendiri karna kamu sadar bahwa yang sering kali kamu perjuangkan mati matian belum tentu akan mau jika harus mati bersamamu.

Sekian.

irmanabilah
review

[Review Novel] In a Blue Moon by Ilana Tan

In a Blue Moon by Ilana Tan

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu – oh – bukan! – melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, terjadi, tentu saja – kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

Judul : In a Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia
Terbit : April 2015

Setelah sukses dengan novel empat musimnya, Ilana Tan tak pernah berhenti berkarya. Salah satu novel besutannya yang menjadi best seller lainnya yaitu berjudul In a Blue Moon.

Novel yang rilis tahun 2015an ini memang memiliki alur cerita yang terkesan lebih ‘enteng’ daripada novel empat musim yang rata-rata membawa ending tragis atau konflik yang menguras air mata. Novel ini menceritakan tentang Sophie Wilson yang dijodohkan oleh kakeknya dengan cucu dari sahabat lamanya, Lucas Ford.

Hal yang mengejutkan ternyata Sophie dan Lucas sudah saling mengenal, mereka adalah teman semasa SMA. Namun masalahnya ada di rasa benci Sophie kepada Lucas yang tak kunjung mereda walau sudah bertahun-tahun lamanya. Sophie tentu saja merasa tidak ingin mengenal Lucas, apalagi untuk menikahinya.

Namun Lucas merasa harus mendekati Sophie karna ingin mengubah pendapat buruk gadis itu tentang dirinya serta karna Lucas memang tulus menyukai Sophie dan bukan karena keinginan kakeknya.

Sosok Lucas digambarkan begitu manis oleh Ilana Tan, seseolah yang paling bisa membuat jadi senyum-senyum sendiri setiap melihat tingkahnya. Konfliknya juga tergolong biasa aja dan malah sedikit bisa dibilang berlebihan bagi Sophie yang masih membenci Lucas bahkan saat kejadiannya sudah terlewat sepuluh tahun lamanya.

Untuk gaya penulisan di novel ini juga masih seperti andalan Ilana Tan biasanya, ia menggunakan dialog baku yang kadang bikin pembaca merasa canggung namun tetap asik untuk dinikmati sampai akhir. Alurnya juga menggunaka maju mundur walau menurut saya secara pribadi kisah flashbacknya masih kurang membuat pembaca mati penasaran.

Tapi secara keseluruhan, ini merupakan novel yang layak dibaca sampai akhir dan harapannya semoga bisa diangkat ke layar lebar.

Sampai jumpa di review berikutnya^

irmanabilah
Senorita

Arti Kata Señorita dan Señora serta Penggunaannya

Arti Kata Señorita dan Señora serta Penggunaannya

Setelah rilisnya lagu Shawn Mendes featuring Camila Cabello yang berjudul señorita. Warganet jadi banyak yang bertanya-tanya apa arti dari señorita sesungguhnya.

Berikut sedikit saya paparkan artinya.

Menurut kamus, señorita ternyata diambil dari bahasa Spanyol yang artinya nona dan biasa digunakan sebagai sebutan untuk seorang wanita cantik dan pintar yang belum menikah.

Señorita atau dibaca seniyorita merupakan satu kosakata yang cukup populer di Spanyol. Señorita juga biasanya ditujukan bagi seseorang yang sering menjadi pusat perhatian dan sangat diidam-idamkan lelaki.

Seperti yang ada dalam lirik lagu Shawn Mendes featuring Camila Cabello,

I love it when you call me señorita

I wiss I could pretend I didn’t need ya

But every touch is oh la la la

It’s true la la la

Oh I should be runnin’

Disini seseolah menjelaskan betapa sukanya si wanita ketika dipanggil señorita.

Lalu contoh penggunaan lain dalam bahasa Inggris yaitu:

I don’t think the señorita could have left it in this house at all.

Berikutnya ada juga kata yang mirip dengan señorita namun memiliki arti yang berbeda. Kata itu adalah señora atau dibaca senyora.

Jika señorita diartikan sebagai gadis atau wanita yang belum menikah, maka señora sebaliknya. Señora diartikan sebagai wanita yang sudah menikah atau dalam bahasa Inggris biasa dikenal dengan Mrs.

Contoh penggunaan señora dalam kalimat yaitu:

The Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Angeles was founded in 1781.

His strong face went expressionless as the señora introduced them.

Kadang kala señorita ditujukan untuk orang yang masih virgin sedang señora untuk seseorang yang tidak virgin. Maka hal yang perlu diperhatikan ketika bertemu orang asing adalah jangan pernah menanyainya secara langsung apakah orang tersebut señorita atau señora. Hal itu bisa menyakiti atau membuat orang tersebut tersinggung.

Dalam keadaan formal, kata señora lebih sering digunakan daripada señorita. Tidak mempedulikan apakah orang tersebut tua, muda, virgin atau tidak virgin. Begitupula untuk guru taman kanak-kanak, biasanya mereka disebut señorita tanpa mempedulikan status mereka.

Semoga informasi ini dapat membantu.

irmanabilah