Review The King: Eternal Monarch
Review

Review The King: Eternal Monarch [Review]

The King : Eternal Monarch

The King : Eternal Monarch adalah salah satu drama korea yang paling dinanti tahun 2020. Drama ini menjadi ajang comeback Lee Min Ho setelah wajib militer bersama aktris Kim Go Eun dan aktor Woo Do Hwan.

Pada dasarnya, drama ini menceritakan tentang dunia paralel, yaitu Kerajaan Corea dan Republik Korea Selatan. Kedua dunia tersebut berisi orang-orang yang sama namun memiliki kehidupan yang berbeda.

Lee Min Ho disini berperan sebagai baginda raja Lee Gon, pemimpin tertinggi kerajaan Corea.

Review The King: Eternal Monarch

Lee Min Ho

Cerita ini dibuka dengan narasi soal benda bersejarah (suling ajaib) yang ada di Kerajaan Corea dan juga investigasi Lee Lim yang dilakukan oleh Jung Tae Eul dan Kang Sin Jae. Berikutnya penonton mulai digiring menuju kisah 25 tahun lalu saat Lee Lim berkhianat dan membunuh ayah Lee Gon demi mendapatkan suling ajaib.

Ketika Lee Gon yang saat itu berusia 8 tahun menemukan ayahnya sekarat, ia pun membelah suling tersebut menjadi dua sambil melindungi dirinya sendiri. Tanpa disangka, muncul tokoh misterius yang menyelamatkan Lee Gon. Tokoh tersebut tidak sengaja menjatuhkan ID Card milik Detektif Jung Tae Eul dari tahun 2019.

Kisah Pertemuan Lee Gon dan Jung Tae Eul

Selama 25 tahun Lee Gon mencari Jung Tae Eul yang ia anggap sebagai penyelamat hidupnya. Ia selalu menyimpan ID Card itu dan berharap bisa segera bertemu. Namun ternyata Jung Tae Eul hidup di dunia yang berbeda.

Jung Tae Eul (Kim Go Eun) adalah seorang letnan di Divisi Kejahatan dan Kekerasan Kepolisian Seoul Republik Korea Selatan.

Kuda Putih

Lee Min Ho Kuda Putih

Pertemuan Lee Gon dan Jung Tae Eul yang unik terjadi di episode pertama saat tiba-tiba Lee Gon menemukan pintu yang menghubungkan kedua dunia paralel tersebut.

Kehadiran pertama Lee Gon di Republik Korea Selatan cukup menyita perhatian publik karna ia mengendarai kuda putih diantara kendaraan bermotor.

Melihat kehebohan yang terjadi, Jung Tae Eul menyeret Lee Gon ke kantor polisi dan mengintrogasinya. Jung Tae Eul dibuat kebingungan saat melihat Lee Gon yang tidak mempunyai KTP ataupun identitas diri.

Lee Gon berkata jujur bahwa ia adalah raja Kerajaan Corea, namun tentu saja Jung Tae Eul tak percaya dan menganggap itu hanya imanjinasi Lee Gon semata.

Bertemu dengan Jung Tae Eul orang yang selama ini dicarinya, tentu saja membuat Lee Gon senang. Namun saat satu demi satu rahasia mulai terungkap, kondisi menjadi cukup mencekam.

Kim Go Eun

Pengkhianatan Lee Lim

Lee Gon akhirnya menyadari bahwa Lee Lim ternyata masih hidup dan kabur ke Republik Korea Selatan.

Lee Gon mulai mencari cara untuk menemukan dan membunuh Lee Lim. Ia harus segera mengambil setengah dari suling ajaib yang masih dibawa Lee Lim sebelum Lee Lim yang mengambil suling miliknya.

Di sekitar episode 15, Lee Gon sampai harus kembali ke 25 tahun lalu saat terjadi malam pengkhianatan demi melindungi kedua dunia dan melindungi masa kecilnya.

Ada terlalu banyak kekacauan yang sudah terjadi dan kedua dunia mulai banyak tercampur. Satu-satunya cara untuk menghentikan Lee Lim adalah dengan membunuhnya di masa lalu sehingga ia tidak bisa ke Republik Korea Selatan dan masa depan pun akan berubah.

Lee Gon dan Jo Young

Dalam setiap aksinya, Lee Gon banyak dibantu oleh pedang abadi Jo Young (Woo Do Hwan). Jo Young disini digambarkan sebagai seseorang yang begitu loyal dan menyayangi rajanya.

Pendapat Pribadi

Pada dasarnya, terdapat banyak misteri dan teka-teki dalam drama korea satu ini. Bercerita tentang cinta beda dunia, pengkhianatan Lee Lim hingga teori-teori tentang suling ajaib yang susah dipahami.

Menurut teori awalnya, ketika Lee Gon berhasil membunuh Lee Lim saat malam pengkhianatan maka harusnya Lee Gon dan Jung Tae Eul tidak bertemu dan Jung Tae Eul tidak akan pernah bisa mengingat Lee Gon.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, Jung Tae Eul berhasil mengingat Lee Gon setelah Lee Lim terbunuh. Semua orang yang ada di Republik Korea Selatan kehilangan ingatannya tentang Lee Gon dan Jo Young kecuali Jung Tae Eul.

Misteri tentang keberadaan pasukan Lee Lim di malam pengkhianatan juga tidak diketahui lagi setelah Lee Lim terbunuh. Begitu juga dengan penjelasan tentang siapa sebenarnya anak yoyo itu dan apa hubungan ia dengan suling ajaib.

Anak yoyo itu sering diceritakan saat sedang bermain yoyo didepan toko buku yang diketahui sebagai markas Lee Lim dan tiba-tiba saja ia menjadi dewasa saat suling ajaib itu menyatu kembali di tangan Lee Gon.

Jung Tae Eul dan Lee Gon

Jujur saja saya berharap, Jung Tae Eul akan menjadi ratu Kerajaan Corea di ending drama ini. Namun yang terjadi juga tidak kalah membingungkan. Jung Tae Eul dan Lee Gon menyusuri masa lalu bersama.

Mereka berkeliling dari tahun ke tahun dan menikmati banyak waktu bersama, namun tidak ada penjelasan tentang kehidupan mereka kedepannya bagaimana. Padahal Lee Gon adalah seorang raja yang membutuhkan penerus.

Well, ada terlalu banyak misteri dan teka-teki yang belum terjawab disini. Mungkin memang hanya Kim Eun-sook sebagai penulis saja yang mengerti akhirnya.

Sebagai rating untuk drama ini, saya beri 6,2/10. Walau banyak pertanyaan tak terjawab, drama ini masih layak ditonton. Terutama untuk kalian yang ingin menyaksikan comebacknya Lee Min Ho.

So, happy watching. Sampai jumpa di review berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *